Rabu, 29 Agustus 2007

Sejarah Berdirinya MAN 2 Ciamis

Pada bulan September 1965 Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) Ciamis berdiri, dan merupakan satu-satunya PGA Negeri yang berada di Kabupaten Ciamis. Ketua panitia pendiri PGAN Ciamis pada waktu itu Bapak Jakub Syarwani, BA (alm), dengan personil sebagai berikut:
Kepala: Hidajat, B.A
Guru:
J. Djalaludin
K.H. Irfan Hilmi
Hardin Komarudin (alm)
K.H. Sueb Wiantamihardja (alm)
Ojo Sukarjo
Okoj Sutarjo
H. Makmun Jauhari
Pada saat itu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di MI Bangunsirna, Kertasari, Ciamis
Kemudian pada tahun 1990 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama No. 64 tahun 1990, PGAN Ciamis dialihfungsikan menjadi Madrasah Aliyah Negeri Ciamis.
Selanjutnya berdasarkan keputusan Menteri Agama No. 42 tahun 1992, mulai tanggal 1 Juli 1992 secara resmi Madrasah Aliyah Negeri 2 Ciamis berdiri.
Atas perjuangan Bapak (Alm) H. Abdul Kohar beserta para Guru dan Staf MAN 2 Ciamis, pada tahun 1995 Departemen Agama menetapkan MAN 2 Ciamis sebagai MAN Keterampilan.
Program Keterampilan mulai dilaksanakan secara efektif pada tahun 2001 dengan tiga jenis keahlian yaitu Servis Radio dan TV, Tata Busana, dan Mebeler dan Pertukangan Kayu.
Sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, mulai tahun ajaran 2002/2003 dibuka Keterampilan Komputer untuk tingkat operator dengan pengenalan penggunaan internet pada siswa.

Tidak ada komentar: