Rabu, 29 Agustus 2007

Program Pendidikan di MAN 2 Ciamis

Program pendidikan di MAN 2 Ciamis tidak berbeda dengan pendidikan di SMU, hanya berbeda pada materi pelajaran Agama saja yang jumlah jam dan jenisnya lebih banyak daripada di SMU.
Pada tahun pelajaran 2003/2004 ini MAN 2 Ciamis dipercaya oleh Departemen Agama untuk melaksanakan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Dimana pada tahap awal dilaksanakan di kelas 1.
Di samping itu, karena MAN 2 Ciamis merupakan MAN Keterampilan maka sistem pendidikan agak berbeda dengan sekolah lain. Pendidikan Keterampilan mulai dilaksanakan di kelas 2, sehingga para siswa yang terpilih untuk mengikuti program keterampilan berada dalam satu kelas terpisah. Kelas ini dinamakan kelas PPHM (Program Pendidikan Hidup Mandiri). Sedangkan bagi siswa yang berniat melanjutkan ke perguruan tinggi masuk ke kelas P3 A (Program Pengembangan Prestasi Akademik). Secara umum sistem pendidikan di MAN 2 Ciamis sebagai berikut :
Kelas 1, kelas umum
Kelas 2 dan 3:
Program IPA (P3 A)
Program IPA (PPHM)
Program IPS (P3 A)
Program IPS (PPHM)
Program Bahasa
Sesuai dengan perkembangan teknologi Informasi terutama semakin meluasnya penggunaan internet, mulai tahun ajaran 2002/2003 mulai dikembangkan pengenalan penggunaan internet bagi pendidikan pada para siswa dan guru. Sedangkan pada tahun ajaran 2004/2005, MAN 2 Ciamis akan membuka program keterampilan baru yaitu Desain Web.
Sebagai tindak lanjut dari pemanfaatan TI dalam pendidikan, MAN 2 Ciamis ikut terlibat dalam pembentukan JIS dan WAN Ciamis yang melibatkan SMK di lingkungan kota Ciamis. Di samping itu sejak tahun ajaran 2003/2004 mulai ujicoba pemanfaatan TI dalam pengajaran Fisika, Kimia, Matematika, mebel dan elektronika. Terakhir, ujicoba program School Sister, dimana kami sudah menghubungi beberapa sekolah di luar Indonesia.

Tidak ada komentar: